Kunjungan Wisatawan Ke Taman Nasional Komodo Catatkan Angka Tertinggi Sepanjang 2023

Wisata358 Dilihat

aashvicorporation.com Taman Nasional Komodo (TNK) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi destinasi wisata favorit dengan jumlah kunjungan mencapai 300.488 wisatawan sepanjang tahun 2023.

Kepala Balai TNK, Hendrikus Rani Siga, menyampaikan bahwa angka tersebut mencakup wisatawan domestik dan mancanegara. Dari total kunjungan, wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 184.096 orang, sementara wisatawan nusantara (wisnus) sejumlah 116.392 orang.

Variasi Kunjungan Sepanjang Tahun

Angka kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo menunjukkan variasi sepanjang tahun 2023. Jumlah terendah tercatat pada bulan Januari dengan 7.902 orang, sedangkan puncak tertinggi terjadi pada Agustus 2023 dengan 48.850 wisatawan.

Kenaikan Kunjungan Wisatawan ke Manggarai Barat

Pius Baut, Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, menjelaskan bahwa hingga November 2023, total kunjungan wisatawan ke Kabupaten Manggarai Barat telah mencapai 393.386 orang.

Dampak Kegiatan Nasional dan Internasional

Kegiatan MICE (meetings, incentives, conventions, and exhibitions) juga menjadi faktor pendukung peningkatan kunjungan, dengan wisatawan memanfaatkan waktu luang untuk menjelajahi keindahan Labuan Bajo.

“Peningkatan jumlah wisatawan dapat dilihat dari kunjungan ke berbagai spot wisata di darat. Kegiatan MICE pada tahun 2023 menjadi pendorong utama peningkatan kunjungan, dan Labuan Bajo terus memikat para wisatawan dengan daya tariknya,” jelas Pius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *