Rencana Kebijakan Pajak 2024: Mengejar Target Rp1.988,9 Triliun di Tengah Tantangan Global

Business89 Dilihat

aashvicorporation.com Pemerintah Indonesia menetapkan target ambisius penerimaan pajak sebesar Rp1.988,9 triliun untuk tahun 2024, namun dihadapkan pada sejumlah tantangan kompleks baik dari dalam negeri maupun arena internasional.

Tantangan Geopolitik Global

Salah satu tantangan signifikan adalah ketegangan geopolitik yang terus berlanjut di berbagai belahan dunia. Perang yang berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina, serta konflik antara Israel dan Hamas, menjadi faktor yang berpotensi mempengaruhi stabilitas ekonomi global. Sementara itu, ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China juga menjadi sorotan karena dampaknya yang dapat merambat ke pasar global.

Dampak Perubahan Iklim dan Krisis Pangan

Perubahan iklim, terutama manifestasi dalam bentuk kekeringan yang meluas, turut menjadi masalah serius yang perlu diatasi. Krisis pangan yang berlarut-larut menjadi dampak langsung dari perubahan iklim ini, memerlukan perhatian khusus dalam merancang kebijakan pajak yang responsif terhadap tantangan ini.

Tantangan Digitalisasi

Perkembangan pesat dalam bidang digitalisasi juga menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan. Kementerian Keuangan menyadari bahwa adaptasi cepat terhadap tren digitalisasi perlu diimbangi dengan kebijakan pajak yang optimal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Optimisme Kementerian Keuangan

Meskipun dihadapkan pada tantangan global yang kompleks, Kementerian Keuangan tetap optimistis terhadap pertumbuhan penerimaan pajak tahun 2024. Dwi Astuti, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, menyatakan, “Penerimaan pajak tahun 2024 diharapkan tumbuh meningkat dibandingkan tahun 2023 sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan didukung oleh berbagai kebijakan pajak yang optimal.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *