Pembayaran QR Antarnegara Resmi Diluncurkan oleh BI dan MAS

Finance262 Dilihat

BI dan MAS Resmikan Pembayaran QR Antarnegara untuk Memudahkan Transaksi Lintas Batas

aashvicorporation.com Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) secara resmi meluncurkan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara antara Indonesia dan Singapura. Inisiatif ini bertujuan untuk mempermudah transaksi pembayaran ritel lintas batas bagi nasabah lembaga keuangan yang berpartisipasi, menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS).

Peluncuran di Singapore FinTech Festival 2023

Peluncuran ini diresmikan dalam rangkaian acara Singapore FinTech Festival 2023. Dalam presentasinya, disampaikan bahwa pada paruh pertama tahun 2023, tercatat 600.000 kedatangan wisatawan dari Singapura ke Indonesia dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura. Selain peluncuran, BI dan MAS juga menandatangani Letter of Intent (LOI) terkait kerangka kerja penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal.

Fasilitasi Transaksi Pembayaran Lintas Negara

Implementasi ini dijadwalkan akan berlangsung pada tahun 2024, dan diharapkan dapat memfasilitasi penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara, termasuk pembayaran dengan QR, perdagangan, dan investasi antara Indonesia dan Singapura menggunakan mata uang lokal masing-masing negara.

Langkah Strategis untuk Kemudahan Transaksi Internasional

Langkah BI dan MAS ini dianggap sebagai inisiatif strategis untuk meningkatkan kemudahan transaksi internasional antara kedua negara. Dengan memanfaatkan teknologi QR, diharapkan akan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih praktis bagi pelanggan dan mendorong pertumbuhan ekonomi lintas batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *