Tol JORR Layang Cikunir-Ulujami Akan Beroperasi pada April 2027 dengan Investasi Rp 21,2 Triliun

Business125 Dilihat

aashvicorporation.com Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru-baru ini menggelar perjanjian penjaminan dan perjanjian regres untuk proyek Jalan Tol JORR Layang Cikunir-Ulujami, yang juga dikenal dengan sebutan Jakarta Outer Ring Road Elevated Cikunir-Ulujami.

Proyek penting ini melibatkan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jakarta Metro Expressway dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII). Total investasi proyek Jalan Tol JORR Layang Cikunir-Ulujami mencapai Rp21,26 triliun, di mana 30 persen berasal dari modal sendiri, dan 70 persen sisanya didanai melalui pinjaman bank.

Waktu Operasional yang Ditentukan

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Miftachul Munir, mengungkapkan bahwa proses pengerjaan proyek jalan tol layang baru ini akan dimulai tahun depan, dengan target pengoperasian pada April 2027.

“Jadwal konstruksi selama 33 bulan, dari Juni 2024 hingga Maret 2027, dengan target pengoperasian pada April 2027,” kata Munir.

Proyek tersebut akan dikerjakan oleh PT Jakarta Metro Expressway, sebuah konsorsium yang terdiri dari PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Acset Indonusa Tbk, yang merupakan pemenang dari proses lelang.

Proyek dengan Skema KPBU

Proyek Tol JORR Layang Cikunir-Ulujami diimplementasikan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang diajukan oleh badan usaha. Proyek ini memiliki masa konsesi selama 45 tahun, yang dihitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Kontribusi Proyek untuk Jaringan Tol

Lebih lanjut, Munir menjelaskan bahwa Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami akan memiliki tiga gerbang tol (GT) on/off ramp yang terhubung dengan Jalan Arteri Pondok Indah, Jalan Arteri Bambu Apus, dan Jalan Tol Jagorawi.

“Nantinya, Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami akan dibangun di atas Jakarta Outer Ring Road yang sudah ada, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Jabodetabek,” ungkap Munir.

Kesatuan Jaringan Tol JORR 2

Di sisi lain, Kementerian PUPR juga mengumumkan bahwa seluruh ruas jaringan tol Jakarta Outer Ring Road atau tol JORR 2 akan tersambung pada akhir tahun ini. Hal ini termasuk sejumlah ruas tol seperti Tol Serpong – Cinere, Tol Cinere – Jagorawi, dan Tol Cimanggis – Cibitung. Dengan tersambungnya semua ruas ini, perjalanan dari Serpong ke Cibitung diharapkan akan menjadi lebih efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *