NASA Sukses Kumpulkan Banyak Sampel Asteroid Bennu di Kapsul OSIRIS-REx

Tech215 Dilihat

Kesuksesan Misi OSIRIS-REx: Sampel Bennu Melampaui Target

aashvicorporation.com NASA telah berhasil mengumpulkan 70,3 gram debu dan batu dari asteroid Bennu dengan wahana antariksa OSIRIS-REx, melebihi target awal misi yang hanya 60 gram.

Tantangan Membuka Kapsul Sampel

Meskipun sampel asteroid Bennu telah berhasil dibawa kembali ke Bumi pada bulan September, ilmuwan NASA menghadapi tantangan saat mencoba membuka kapsul sampel utama. Mekanisme Akuisisi Sampel Touch-and-Go (TAGSAM) dari misi tersebut terbukti sulit untuk dibuka, bahkan dengan alat yang tersedia. Dua dari tiga puluh lima baut misi tidak dapat dilepas.

Proses Aman di Bumi

Ilmuwan NASA sangat berhati-hati dalam memproses sampel ini di Bumi. Mereka memastikan untuk mencegah kontaminasi atau paparan ke atmosfer dengan menyimpan sampel dalam kotak sarung tangan yang dirancang khusus dan dialiri nitrogen. Proses pembukaan kapsul juga harus dilakukan dengan hati-hati, sehingga kualitas sampel tetap terjaga.

Keberhasilan Mengumpulkan Sampel

Meskipun ada kendala dalam membuka kapsul sampel utama, NASA berhasil mengumpulkan sebagian besar sampel dari kapsul sampel eksternal yang berada di luar TAGSAM. Selain itu, sebagian kecil sampel juga diekstraksi dari TAGSAM dengan menggunakan alat seperti sendok atau pinset untuk menjangkau bagian dalam sambil menjaga penutup mylar tetap terjaga.

NASA akan terus mengembangkan prosedur untuk membuka kapsul sampel utama dalam beberapa minggu ke depan. Keberhasilan misi OSIRIS-REx ini membawa harapan besar dalam memahami lebih lanjut asal-usul tata surya dan planet kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *