4 Fakta Menarik tentang Gunung Galunggung di Tasikmalaya dengan Air Terjun Warna-warni

Wisata422 Dilihat

aashvicorporation.com – Gunung Galunggung, sebuah gunung api dengan ketinggian mencapai 2.168 meter di atas permukaan laut (mdpl), telah menjadi daya tarik alam yang menakjubkan di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Gunung ini terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya dan menawarkan sejumlah pesona alam yang memukau.

Usia Gunung Galunggung

Ini Membuatnya Istimewa Diperkirakan Gunung Galunggung telah berusia ratusan ribu tahun. Ini adalah gunung api bertipe strato, yang terdiri dari perselingan endapan piroklastika dan aliran lava. Ketika erupsi, gunung ini mampu menyemburkan materi dengan volume yang cukup besar.

Riwayat Letusan Gunung yang Dahsyat

Gunung Galunggung telah mengalami serangkaian letusan spektakuler sepanjang sejarahnya. Pada tahun 1818, terdengar suara gemuruh dari bawah tanah, mengumumkan letusan gunung ini. Pada tahun 1822, letusan kembali terjadi, diikuti oleh yang lebih dahsyat pada tahun 1894, yang menghancurkan 50 desa dan merobohkan banyak rumah karena tertimbun abu vulkanik. Pada tahun 1918, letusan kembali terjadi setelah gempa bumi. Letusan terakhir yang luar biasa terjadi pada tahun 1982 dan berlangsung selama 9 bulan, akhirnya mereda pada 8 Januari 1983.

Tantangan Pendakian ke Puncak Gunung Titik tertinggi

Gunung Galunggung, yang dikenal sebagai Gunung Beuti Canar, adalah puncak berhutan yang jarang dikunjungi oleh pendaki. Beberapa klub pendakian pelajar setempat menghabiskan beberapa hari untuk mencapainya. Namun, bagi kebanyakan pendaki biasa, akses ke puncak ini masih merupakan tantangan yang besar. Jalur dari sisi Tasikmalaya melalui sungai Ci Loseh atau dari danau Talaga Bodas adalah dua rute yang bisa ditempuh, dengan rute dari danau Talaga Bodas lebih direkomendasikan. Jalur Tasik jarang digunakan dan memerlukan peralatan pendakian yang tepat serta minimal satu malam berkemah di gunung.

Kawah Gunung Galunggung sebagai Destinasi Wisata

Kawah Gunung Galunggung yang indah adalah salah satu daya tarik utama di sini. Kawah ini memiliki warna hijau yang menawan dan terbentuk akibat letusan gunung api. Untuk mencapai bibir kawah, telah dibangun tangga dengan 620 anak tangga. Meskipun memerlukan usaha ekstra, tetapi tersedia tempat istirahat di samping tangga.

Pengunjung yang berminat bisa turun lebih dekat ke kawah untuk mengagumi pemandangan yang spektakuler ini. Namun, perlu diingat bahwa ini memerlukan persiapan fisik yang cukup karena harus menuruni tangga yang cukup tinggi.

Setelah melewati petualangan menakjubkan ini, pengunjung dapat bersantai dengan berendam di pemandian air panas di kawasan Gunung Galunggung. Dipercaya bahwa kandungan belerang dalam air ini memiliki kemampuan penyembuhan bagi berbagai masalah kulit. Sambil berendam, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah di sekitarnya, membuat momen ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Gunung Galunggung di Tasikmalaya adalah tempat yang memadukan keindahan alam, sejarah vulkanik yang menarik, dan petualangan yang mengesankan bagi para pendaki dan wisatawan. Temukan keajaiban alam ini dan nikmati pengalaman yang tak terlupakan di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *