Keuntungan Tetap Menggunakan Knalpot Standar Pabrikan untuk Sepeda Motor

Automotif671 Dilihat

Aashvicorporation. Dalam dunia modifikasi sepeda motor, seringkali pemilik sepeda motor ingin memberikan sentuhan personal dengan mengganti knalpot standar pabrikan mereka dengan model racing yang terkenal bising. Meskipun perubahan ini dapat meningkatkan performa motor jika dilakukan dengan benar, ada beberapa konsekuensi yang harus dipertimbangkan. Ternyata, ada keuntungan besar yang bisa diperoleh dengan tetap menggunakan knalpot standar pabrikan.

Tidak Akan Ditilang oleh Polisi

Salah satu kekhawatiran utama bagi pemilik sepeda motor yang mengganti knalpot dengan yang lebih bising adalah potensi tilang oleh kepolisian. Knalpot racing seringkali menghasilkan suara yang keras dan mengganggu orang lain di sekitarnya. Hukum lalu lintas diatur oleh UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285, yang mengatur tentang syarat kendaraan yang layak untuk beroperasi di jalan raya. Knalpot standar pabrikan biasanya sudah sesuai dengan aturan ini, sehingga tidak akan menyebabkan masalah tilang.

Emisi yang Sesuai dengan Standar

Kelebihan lain dari tetap menggunakan knalpot standar pabrikan adalah bahwa desainnya telah disesuaikan dengan konstruksi mesin melalui berbagai riset dan uji coba oleh produsen. Knalpot standar ini dirancang untuk mengeluarkan emisi gas buang yang sesuai dengan aturan pemerintah. Jika Anda mengganti knalpot dengan yang racing, ada kemungkinan emisi gas buang akan menjadi lebih kotor dari yang seharusnya. Ini dapat menimbulkan masalah, terutama karena pemerintah saat ini menerapkan regulasi uji emisi yang ketat. Jika sepeda motor Anda tidak lulus uji emisi, Anda bisa dikenakan sanksi seperti tilang elektronik (ETLE), tidak dapat memperpanjang STNK, atau bahkan membayar biaya parkir maksimum di Jakarta.

Tidak Menggugurkan Garansi

Salah satu konsekuensi yang harus dipertimbangkan oleh pemilik sepeda motor yang ingin mengganti knalpot adalah bahwa ini dapat menggugurkan garansi. Jika Anda menghadapi masalah dengan sepeda motor Anda setelah mengganti knalpot, Anda tidak akan dapat mengklaim perbaikan secara gratis melalui garansi pabrikan.

Saluran Buang Air yang Penting

Menariknya, knalpot standar pabrikan juga memiliki fitur yang mungkin tidak Anda sadari. Knalpot ini biasanya dilengkapi dengan lubang kecil di bagian bawahnya yang berfungsi untuk membuang air yang mungkin terkumpul di dalamnya. Knalpot racing mungkin tidak memiliki fitur ini, yang dapat berpotensi menyebabkan masalah jika air menggenang di dalamnya.

Dengan pertimbangan ini, banyak pemilik sepeda motor mungkin akan berpikir dua kali sebelum mengganti knalpot standar pabrikan mereka dengan yang racing. Memilih untuk tetap menggunakan knalpot standar pabrikan dapat menghindari banyak masalah hukum, lingkungan, dan garansi yang mungkin timbul akibat perubahan knalpot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *